News & Articles

Apa itu Excavator?

Excavator adalah alat berat yang terdiri dari lengan (arm), boom (bahu) serta bucket (alat keruk) dan digerakkan oleh tenaga hidrolis yang dimotori dengan mesin diesel dan berada di atas roda rantai (track shoe). Excavator merupakan alat berat paling serba guna karena bisa menangani berbagai macam pekerjaan alat berat lain.

excavator-dimensions

Sesuai dengan namanya (excavation), alat berat ini memiliki fungsi utama untuk pekerjaan penggalian. Namun tidak terbatas itu saja, excavator juga bisa melakukan pekerjaan konstruksi seperti membuat kemiringan (sloping), memuat dump truck (loading), pemecah batu (breaker), dan sebagainya. Karena perannya yang multifungsi, maka excavator selalu digunakan dalam segala jenis pekerjaan berat baik di darat maupun di atas air.

Di Indonesia, excavator sering disebut beku/beko, yang diambil dari bahasa Inggris backhoe yang berarti aktor belakang. Backhoe sendiri adalah excavator mini yang ditempelkan di belakang tracktor/loader dan biasanya digunakan untuk pekerjaan di lahan pertanian.

 

Apa itu Wheel Loader?

Wheel Loader adalah alat berat beroda karet (ban) yang memudahkan mobilitas dan juga fungsi articulate yang memberikan ruang gerak fleksibel. Wheel loader merupakan alat yang dipergunakan untuk pemuatan material ke dump truck dan sebagainya.

KOMATSU_WA180-3_03

Wheel loader dapat ditambahkan bucket yang dipasang di bagian depan. Loader umumnya menggunakan kendali hidrolis yang dilengkapi dengan tangan-tangan (arms) untuk mengoperasikan bucketnya. Ukuran kapasitas bucket loader bervariasi. Yang biasa dipakai dan tersedia banyak adalah loader dengan ukuran bucket sampai dengan 5m3. Biasanya bucket loader untuk memuat material yang mempunyai ketinggian 8 sampai 15 ft sehingga cukup untuk memuat ke atas dump truck.

 

Apa itu Motor Grader?

Motor Grader adalah salah satu alat berat yang populer digunakan dalam sektor konstruksi di Indonesia. Berfungsi untuk melakukan grading ataupun leveling jalan, serta melakukan ripping material-material yang ringan dengan menggunakan attachmentnya berupa scarifier maupun ripper.

Pemilihan motor grader berdasarkan pada jenis material yang akan di grading/levelling sehingga menentukan power motor grader yang akan digunakan dan pada akhirnya menentukan model motor grader yang akan digunakan. Lebar blade juga merupakan pertimbangan dalam pemilihan motor grader berdasarkan lebar jalan yang akan dikerjakan.

Fungsi utama dari motor grader adalah meratakan, memotong gundukan dan mengisi lubang. Motor Grader juga dapat digunakan untuk pengupasan lapisan atas yang hendak dibuang atau dikurangi, mencampur material, meratakan dan menyebarkannya lagi. Meratakan area dengan motor grader sangat diperlukan untuk pemadatan yang sempurna oleh Compactor.

motor-grader

Motor Grader mempunyai roda dari karet (ban) sehingga dapat berjalan di jalanan beraspal dengan 4 wheel drive serta transmisi otomatis/manual.

Motor Grader agak berbeda dari alat berat yang lain karena hasil akhirnya merupakan visualisasi dari sang operator. Salah satu skill yang membedakan operator motor grader professional dan pemula adalah kemampuan untuk memvisualisasikan hasil akhir yang sempurna untuk tikungan, kemiringan, tanjakan, turunan dan membentuk jalan sesuai dengan visualisasi tersebut.

 

Apa itu Vibro Compactor?

Vibro Compactor adalah alat berat yang di gunakan untuk memadatkan jalan atau area konstruksi sehingga memiliki tingkat kepadatan yang di inginkan. Pemadatan ini akan membuat struktur tanah lebih rapat dan padat jadi lebih kuat dari struktur sebelumnya.

vibro compactor sja

Tersedia berbagai jenis roda untuk compactor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada compactor dengan semua roda besi yang di dalamnya diisi air atau pasir, dengan roda karet (ban), serta roda besi bentuk kaki kambing (sheep foot).

Biasanya proyek pengaspalan jalan sering menggunakan road roller dan tire roller. Untuk pemadatan tanah yang sering digunakan adalah sheep foot roller atau drum roller.

 

Apa itu Bulldozer?

Bulldozer adalah jenis peralatan konstruksi (biasa disebut alat berat atau construction equipment) bertipe traktor menggunakan Track/ rantai serta dilengkapi dengan pisau (dikenal dengan blade) yang terletak di depan. Bulldozer diaplikasikan untuk pekerjaan menggali, mendorong dan menarik material (tanah, pasir, dsb). Istilah bulldozer sering kali digunakan untuk menggambarkan semua tipe alat berat (Eksavator, Loader, dsb) meskipun istilah ini tepatnya hanya menunjuk ke traktor berantai yang dilengkapi dengan blade.

bulldozer Cat_D9

Selain blade sebagai perlengkapan standar Bulldozer, pada sisi belakang Bulldozer bisa dipasang perlengkapan tambahan berupa :

  • Ripper untuk membongkar material yang tidak dapat digali menggunakan blade, biasanya untuk pekerjaan pembuatan jalan atau pertambangan.
  • Winch untuk menarik material, sering digunakan pada pekerjaan pengeluaran kayu di hutan.

Umumnya bulldozer banyak digunakan di pekerjaan pertambangan, terutama untuk pertambangan batubara. Bulldozer ini digunakan untuk meratakan tanah, menggali dan menumbangkan pohon saat proses land clearing.